Sunday, May 26, 2013

Lima gereja kuno paling tua di Filipina

Filipina adalah satu dari dua negara Katolik di Asia Tenggara. Agama Katolik di Filipina amat merasuk ke dalam kehidupan, berkat kehadiran misionaris Spanyol selama 400 tahun di sana. Agama amat berkaitan dengan kebudayaan lokal. Sepanjang tahun, begitu banyak orang Filipina beribadah di salah satu dari ribuan gereja yang tersebar di seluruh negeri.

Berikut ini adalah lima gereja kuno paling tua di Filipina. (Mike Aquino untuk Yahoo! Southeast Asia)


Gereja San Agustin
Gereja berumur 400 tahun yang terletak di Intramuros, Manila ini adalah salah satu gereja tertua di Filipina. Struktur batuannya berdiri sejak 1607. 


Gereja Paoay di Ilocos Norte, 460 km di utara Manila disangga sebanyak 24 batu karang sehingga membuatnya tahan gempa


Gereja Binondo
Gereja ini didirikan di Orde Dominican tahun 1596 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Katolik Cina. Pada 1762, gereja ini hancur oleh Inggris. Pada 1863, oleh gempa bumi. Dan pada 1944, gereja ini hancur lagi oleh bom yang dijatuhkan Amerika.

Santo NiƱo Basilica
Bangunan Basilica berdiri sejak 1740, dengan struktur berbahan batu karang dan kayu. Terdapat museum di dalam gereja yang menyimpan peninggalan sejarah Kristen di Cebu


Gereja Baclayon
Bohol adalah salah satu provinsi paling taat di Filipina, yang terbukti dari banyaknya gereja di pulau ini. Gereja Baclayon adalah yang tercantik. Gereja ini berdinding batu karang, dibangun tahun 1717 dengan pemandangan laut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...