Friday, October 11, 2013

Melihat Indahnya Festival Cahaya Berlin

Kota Berlin mendadak gemerlap, mulai dari patung, monumen, gedung-gedung pencakar langit, alun-alun, menara, hingga jalan raya semua gemerlap menyala. Ratusan hingga ribuan orang berkumpul menikmati malam dengan luapan permainan cahaya digital disekitar pusat kota seperti di Khatedral Berlin, alun-alun Potsdamer, Istana Charlottenburg dan landmark penting lainnya.

Rupanya Ibukota Jerman ini sedang merayakan Festival Cahaya Berlin. Dunia mendaulatnya sebagai salah satu Festival Cahaya terbesar di dunia. Festival Cahaya yang sedianya dihelat setiap bulan Oktober ini digagas oleh Bridgette Sanders seorang warga Berlin, dengan tujuan untuk memberi nilai seni melalui cahaya pada gedung-gedung bersejarah. Perhelatan besar Ibukota Jerman ini berlangsung sejak 9 Oktober hingga 20 Oktober mendatang.

Festival Cahaya Berlin ini melibatkan ratusan seniman nasional dan internasional untuk menjadikan kota ini sebagai pameran berbagai bentuk cahaya. Keindahan permainan cahaya bukanlah hasil ribuan lampu yang ditata sepanjang jalan atau gedung, melainkan hasil proyeksi gambar yang dimainkan melalui alat proyektor dari sejumlah titik.

Festival ini diprakarsai oleh dewan pariwisata dan budaya setempat, tujuannya untuk menarik minat wisatawan dunia.Selama penyelenggaraan, festival ini berhasil menyedot perhatian para turis, setidaknya tercatat ada satu setengah juta tamu yang ikut menghadiri acara dan konvensi di kota tersebut, yang penyelenggaraannya bertepatan dengan Festival Cahaya Berlin. Festival ini juga diisi dengan sejumlah acara, seperti pertunjukan musik,pameran seni dan karnaval di tempat-tempat umum. SUMBER sayangi.com & (FIT/Reuters)






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...